oleh

Mahasiswa Fisip UNIDA Dorong Pemerataan Pendidikan Dengan Melakukan Pengabdian di Masyarakat

BOGOR.OKEYBOZ.COM – Cisarua, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) menggelar kegiatan FISIP Mengabdi, hal itu dilakukan dalam rangka menjalankan salah satu tri dharma mahasiswa, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Adapun fokus pengabdiannya di bidang pendidikan yang berlangsung selama empat hari,  dari senin 27/9 hingga jum’at 01/10 di SDN Cikoneng, Kecamatan Cisarua, Kab, Bogor .

Kegiatan pengabdian ini di terima dengan baik oleh masyarakat sekitar, terutama tokoh masyarakat di kampung Cikoneng yaitu Pak Rudi. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Anak-anak terlihat sangat senang dengan kedatangan kakak-kakak, tetapi juga mereka menangis ketika kakak nya mereka harus pergi kembali menuntut ilmu. Itu berarti kedatangan kalian sangat berarti bagi anak-anak” ujar Rudi.

Irma salah satu guru di SDN Cikoneng menceritakan, pada pagi hari kegiatan FISIP Mengabdi diisi dengan mengajar di kelas membantu para guru. Fokus mengajar di kelas yaitu membaca, menulis, dan berhitung (calistung). “Semenjak Pandemi, kami memulai lagi dari awal mengajarkan anak-anak menbaca,menulis,dan berhitung. Karena dirumah mereka tidak bisa belajar melalui handphone,banyak kendala. Adapun anak yang sudah bekerja untuk membantu orang tuanya” ucap Irma.

Lalu di siang hari, mengajar di lanjut kembali dengan kegiatan fun learning. Fun learning ini memanfaatkan lingkungan setempat yang asri dengan pemandangan yang indah. Kegiatan fun learning diisi dengan mengajarkan anak-anak mengenai etika melalui dongeng yang di ceritakan, mengulas pelajaran yang sudah di ajari pada pagi hari, belajar bahasa Inggris, dan menyanyi.

Wakil Ketua BEM FISIP, Hana menyampaikan “Satu minggu yang sangat terasa singkat. Secara tidak langsung kami di sadarkan oleh mereka bahwa ilmu sekecil apapun bisa berguna bagi orang banyak. Harapan kami untuk siswa-siswi SDN Cikoneng semoga ilmu yg telah diberikan dapat selalu melekat. Untuk teman-teman FISIP mari kita menjadi manusia yang lebih berguna bagi banyak orang” ujar Hasna.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *