oleh

Apa Operasi Katarak, Dapat Dijamin BPJS Kesehatan?

Bogor, BOGOR.OKEYBOZ.COM – Tanya : Saya mengalami gangguan penglihatan, apa mungkin saya terkena katarak, jika ternyata saya kena katarak apakah BPJS Kesehatan menjamin biaya pengobatannya? Lukman, dari Cisarua Bogor.

Terimakasih atas pertanyaan yang saudara sampaikan, berikut penjelasan kami.

Katarak adalah gangguan penglihatan di mana lensa mata penderita katarak menjadi keruh dan seperti berawan. Orang yang mengalami katarak akan merasa seperti selalu melihat kabut atau berasap.

Sebagian besar kondisi mata seperti ini berkembang perlahan-lahan dan tidak terasa mengganggu pada awalnya. Lama-kelamaan, kondisi ini akan semakin memburuk sampai mengganggu penglihatan penderita nya. Akibatnya, seseorang yang menderita katarak akan menjadi sulit melakukan rutinitasnya.

Pada tahap awal, pencahayaan yang lebih kuat dan kacamata dapat membantu mengatasi masalah penglihatan yang muncul akibat katarak. Namun, jika lensa mata semakin keruh dan masalah penglihatan semakin memburuk, operasi mungkin menjadi jalan keluarnya. Operasi katarak umumnya merupakan prosedur yang aman dan efektif.

Jika jaman dulu banyak orang yang menderita katarak namun tidak melakukan pengobatan secara serius dan berkesinambungan karena tidak ada biaya atau mungkin tidak mampu untuk membayar biaya operasi katarak.

Saat ini bagi masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-BPJS Kesehatan dan menderita katarak tidak usah kuatir karena BPJS Kesehatan menjamin biaya operasi Katarak.

Dalam Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2020 tentang Prosedur Penjaminan Operasi Katarak dan Rehabilitasi Medik Dalam Program Jaminan Kesehatan.

Baca Juga  Ketua MPU Aceh Wafat, Polda Aceh Sampaikan Ucapan Belasungkawa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

    1. Seharusnya Tracing sebelum dilakukan perawatan atau tindakan operasi tetap tidak boleh dibebakkan pada pasien.. artinya tetap di jamin.